9 Makanan Penurun Berat Badan

9 Makanan Penurun Berat Badan

Adakah makanan lezat untuk menu diet Anda? Ini adalah hal yang sepertinya sulit untuk ditemukan.

Jangan ragu, menurunkan berat badan adalah hal mudah. Anda hanya harus memakan lebih sedikit kalori daripada yang Anda bakar.

“Beberapa makanan tertentu dapat membantu Anda menurunkan berat badan”, kata Heather Mangieri, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, “Karena makanan-makanan tersebut membuat Anda kenyang lebih lama dan menahan nafsu makan.”

Beberapa makanan bahkan meningkatkan metabolisme tubuh. Berikut ini adalah sembilan makanan penurun berat badan yang harus masuk dalam daftar belanja Anda.

1. Polong-polongan

Murah, bergizi, dan bermanfaat, polong-polongan adalah sumber protein yang sangat baik. Polong-polongan juga kaya akan serat dan termasuk makanan yang sulit dicerna. Hal itu akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga mencegah Anda makan terlalu banyak.

2. Sup

Mulailah acara makan dengan semangkuk sup, sehingga Anda hanya akan makan sedikit makanan utama. Tidak menjadi masalah apakah sup yang Anda makan berisi sayuran yang dipotong-potong atau dihaluskan, selama sup itu mengandung kaldu. Pastikan sup yang Anda makan hanya mengandung 100 – 150 kalori dengan tidak menambahkan krim atau mentega ke dalamnya.

3. Coklat Hitam

Ingin menikmati coklat di tengah-tengah acara makan besar? Ambillah sepotong atau dua potong coklat hitam yang tidak mengandung susu. Dalam sebuah studi ditemukan bahwa penyuka coklat yang memakan coklat hitam hanya memakan lebih sedikit pizza beberapa jam kemudian, dibandingkan dengan yang memakan coklat dengan kandungan susu di dalamnya

4. Sayuran

Anda bisa menambahkan lebih banyak sayuran dalam menu diet Anda sehingga Anda bisa membatasi jumlah kalori yang Anda makan. Ketika beberapa peneliti dari Penn State menambahkan sayuran kembang kol dan zucchini ke dalam burger, banyak orang yang justru lebih menyukainya. Dengan memakannya, mereka dapat membatasi konsumsi kalori hingga 200 – 350. Sayur-sayuran tersebut selain sehat juga menambah cita rasa burger.

5. Telur dan Sosis

Sarapan yang kaya protein akan mencegah Anda mengonsumsi makanan kecil dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam sebuah studi terhadap wanita muda yang mengalami obesitas, mereka hanya mendapatkan 35% protein dari sarapan yang mereka makan. Jumlah tersebut mungkin lebih dari yang Anda dapatkan. Saat sarapan mereka memakan 350 kalori yang bersumber dari telur dan sosis. Efek dari sarapan yang tinggi protein akan membuat Anda kenyang hingga malam hari, apabila Anda memakan makanan yang rendah lemak dan gula, daripada memakan sereal saat sarapan.

6. Kacang-kacangan

Makanlah segenggam kacang almond, kacang tanah, kacang kenari, atau kacang pecan untuk cemilan Anda. Penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang memakan kacang, dia akan hanya makan sedikit saat acara makan besar beberapa waktu setelahnya.

7. Apel

Makanlah buah apel utuh daripada meminum jus apel atau sirup apel. Satu buah apel utuh akan lebih efektif untuk menahan nafsu makan. Alasannya adalah bahwa buah mentah mengandung lebih banyak serat. Selain itu, mengunyah buah mentah merupakan sebuah sinyal yang memberitahu otak bahwa Anda telah memakan makanan yang sehat.

8. Yogurt

Tidak masalah apakah Anda memilih yogurt yunani atau yogurt lokal, makanan ini sangatlah baik untuk mengecilkan pinggang Anda. Studi yang dilakukan Universitas Harvard pada lebih dari 120.000 orang menemukan bahwa diantara makanan-makanan penurun berat badan, yogurt adalah yang paling efektif.

9. Grapefruit

Jangan terkecoh dengan namanya, grapefruit bukanlah anggur, melainkan jenis jeruk yang berukuran besar, contohnya jeruk bali. Jeruk jenis ini sangat bisa membantu menurunkan berat badan, terutama bagi Anda yang berisiko diabetes.

Beberapa peneliti di Scripps Clinic San Diego menemukan bahwa penderita obesitas yang memakan setengah potong grapefruit sebelum makan besar dapat menghilangkan rata-rata 3½ pon berat badan dalam waktu 12 minggu. Meminum jus grapefruit juga memberikan hasil yang sama. Tetapi jus grapefruit tidak terbukti dapat membantu pembakaran lemak, hanya saja membuat orang merasa kenyang.

Berhati-hatilah, karena apabila Anda sedang menjalani perawatan medis tertentu, Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi grapefruit. Maka dari itu, berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter atau ahli obat.

Belanja Pintar

Penuhi daftar belanja Anda dengan sumber protein yang baik, sayuran segar, buah-buahan, dan biji-bijian, demikian kata seorang ilmuan dalam bidang pangan, Joy Dubost, Ph.D. Hal yang paling penting adalah ketika berat badan Anda turun secara teratur, itu merupakan cerminan dari apa yang Anda makan

Artikel Terkait:

Diet Mayo
Diet Mayo adalah diet yang dibuat oleh Mayo Clinic. Sebelumnya, penggunaan istilah ini umumnya berhubungan dengan model diet yang tidak memiliki hubungan dengan The Mayo Clinic. Diet Mayo telah dikembangkan dan didukung oleh Mayo Clinic disajikan dalam bentuk buku, bukunya berjudul The Mayo Clinic Diet (ISBN 978-1561486762) and a logbook, The Mayo Clinic Diet Journal (ISBN 978-1561486779). Diet ini dimulai dengan periode diet selama 2 minggu di mana lima kebiasaan buruk tertentu akan diganti dengan lima kebiasaan baik yang spesifik....
Baca Lebih Lanjut Di Sini!

7 Kesalahan Dalam Menurunkan Berat Badan
Ada beragam cara yang orang lakukan untuk menurunkan berat badan. Mulai dari melakukan diet ketat hingga cara-cara yang ‘menyakitkan’ yang justru dapat berakibat serius bagi kesehatan. Banyak orang terlalu fokus melakukan diet dengan cara yang justru membahayakan kesehatan mereka. Berikut ini adalah tujuh kesalahan yang harus Anda hindari dalam menurunkan berat badan. « Mengurangi Kalori Dalam Jumlah Yang Besar Pengurangan banyak kalori memang sangat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan....
Baca Lebih Lanjut Di Sini!

Solusi Terapi Masalah Kesehatan Anda

Penelitian Selama Beberapa Tahun Telah Mengungkap Manfaat Dari Produk tn-bb.com

Tahitian Noni Jus aman

Selama satu bulan human clinical trial, Peserta diberi beberapa jumlah variasi Tahitian Noni Jus setiap hari, atau plasebo. Berbagai tes kesehatan yang dilakukan pada peserta menunjukkan bahwa minum Tahitian Noni Jus aman.

Selengkapnya Klik Di Sini!

tn-bb.com